Perbedaan dan Manfaat Minuman Beralkohol

Apa bedanya Beer 🍻, Wine 🍷, Vodka 🍸, Whiskey 🥃, Champagne 🥂, Soju, Sake and Arak Bali.

Sedikit cerita minuman beralkohol sebenarnya sudah dikenal dari zaman dulu, terutama bagi negara yang memiliki suhu udara dingin atau memiliki musim salju minuman ini bisa diminum untuk menghangatkan tubuh mereka.

Saat ini saya akan membahas beberapa jenis minuman yg ada kandungan alkohol sekaligus manfaatnya… 😊

Beer ( Bir )


Siapa ya tidak tahu beer ? Ini merupakan minuman beralkohol ringan yang paling populer yang mudah didapatkan diberbagai tempat  seperti mini market, convenience store maupun supermarket. Dan untuk harga masih terjangkau dibandingkan minuman beralkohol lainnya. Beer diproduksi melalui proses fermentasi bahan berpati barley, hops dan tidak melalui proses penyulingan.

Manfaat Beer jika dikonsumsi secara proporsional ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol, untuk batu ginjal dan meningkatkan antioksidan dalam tubuh. Jika kalian memiliki kebiasaan minum beer sedikit dalam sehari, akan memiliki risiko 20% lebih rendah untuk mengalami masalah kemampuan psychological di masa tua nanti atau lebih dikenal dengan penyakit pikun. Beer juga bisa menurunkan resiko dari penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Wine

Biasanya identik dengan Candle Light Dinner yang romantis. Wine  termasuk golongan minuman yang mengandung kadar alkohol rendah berkisar antara 8% sampai 15% ABV ( Alkohol By Volume ) dan terbuat dari anggur jenis Vitis Vinifera. Wine dengan kandungan polyphenolnya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah risiko penyakit jantung dan kanker. Kandungan lain yang terdapat pada wine adalah Kalium, Kalsium, Magnesium penting untuk jantung, otot, pembentukan sel darah serta tulang. Vitamin C baik untuk daya tahan tubuh dan Vitamin B baik untuk sistem syaraf dan pencernaan kita.

Vodka


Hmmm… yang pertama dalam pikiran saya adalah Mojito hehe… karena vodka banyak digunakan sebagai campuran di berbagai minuman jenis cocktail. Vodka termasuk golongan minuman beralkohol yang kadar alkoholnya tinggi berkisar antara 35% sampai 60% ABV dan terbuat dari hasil penyulingan fermentasi dan didestilasi ( proses campuran zat dididihkan sehingga menguap dan uap ini kemudian didinginkan kembali dalam bentuk cairan ) biji-bijan berupa gandum, jagung dan kentang. Manfaat Vodka mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner, baik untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Whiskey 


Jack Daniels hahaha… Catatan tertua mengenai whiskey berasal dari Irlandia pada tahun 1405. Whiskey merupakan minuman beralkohol hasil fermentasi serealia ( seperti jelai, malt, gandum hitam menjadi rye whiskey & jagung bourbon whiskey ) dan destilasi kemudian disimpan di Dalem tong kayu / barrel kayu sehingga kadar alkoholnya bisa mencapai 40% ABV. Manfaat whiskey dapat meningkatkan 30% kadar vitamin B6 lebih banyak dalam tubuh sehingga mampu menyembuhkan berbagi macam gejala penyakit termasuk bisa mencegah virus influenza H1N1. Berharap juga bisa mencegah penyebaran penyakit yang sekarang masih menjadi pandemi di Dunia yaitu Covid-19.

Champagne 

Yeayyy… MotoGP!!! Ketika sang juara naik ke podium untuk menerima piala atas kemenangan di ajang balap bergengsi itu di akhir sesi akan ada tradisi Party Champagne dengan membuka sebotol Champagne dan menyemprotkan isinya. Champagne merupakan minuman beralkohol berkisar antara 10% sampai 15% ABV dan terbuat dari 3 jenis anggur dua varietas anggur hitam ( Pinot Meunier & Pinot Noir ) satu varietas anggur putih ( Chardonnay ) yang difermentasi secara sekunder. Champagne memiliki sensasi rasa “sparkling” seperti soda berbuih dan bergelembung sehingga ketika kita membuka botolnya akan terdengar suara ‘pop’. Champagne merupakan wine tertua sekitar tahun 1700 para raja-raja Perancis sudah meminumnya dan sebenarnya Champagne merupakan nama daerah yang berada di Perancis. Hanya wine yang berasal dari wilayah Champagne dinamakan Champagne. Kota Champagne saat ini menjadi tempat wisata wine paling terkenal di dunia. Manfaat Champagne adalah dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Jika peredaran darah ke otak lancar karena perpaduan kalsium-fosfat yang terkandung dalam Champagne, hal ini mampu untuk meredakan stres.

Soju

Para penggemar Korea pasti tahu Soju karena hampir menghiasi setiap scene Serial Drama Korea hehe… Minuman beralkohol ini memang berasal dari negara Ginseng tersebut yaitu Korea. Soju merupakan minuman beralkohol cukup tinggi berkisar antara 20% sampai 45% ABV dan terbuat secara tradisional bahan utamanya dari hasil distilasi beras. Saat ini bahan tambahan atau pengganti beras bisa kentang, gandum, jelai, ubi jalar, atau dagmil ( tapioka ). Di Korea sendiri Soju tradisional hanya bisa didapatkan di produsen tertentu atau toko-toko khusus yang memang ditunjuk untuk menjual Soju tradisional karena kadar alkohol yang mencapai 53% ABV. Berbeda dengan Soju modern yang dikemas dalam botol berwarna hijau bisa ditemukan dimana-mana dan memiliki varian rasa original maupun rasa buah, untuk  kadar alkoholnya lebih rendah dari Soju tradisional. Budaya tradisi atau etika minum Soju masih diberlakukan di Korea sampai saat ini. Manfaat Soju selain menghangatkan tubuh disebut- sebut mampu memperlambat penuaan pada kulit dan mampu mengurangi tingkat stres.

Sake 

Jepang… yuppp minuman tradisional satu ini berasal dari Negeri Matahari Terbit Jepang dimana kata Sake dalam bahasa Jepang berarti minuman beralkohol dengan kadarnya berkisar antara 15% sampai 20% ABV dan merupakan hasil fermentasi beras. Untuk membuat Sake atau dikenal juga sebagai Nihonshu artinya anggur Jepang terdiri dari 4 macam yaitu beras, air, jamur dan ragi. Salah satu keunikan dari Sake bisa disajikan dalam beberapa temperatur seperti didinginkan, dipanaskan bahkan dibekukan. Manfaat Sake selain untuk menghangatkan tubuh sama seperti wilayah lain yang memiliki suhu atau cuaca dingin bersalju Sake juga bermanfaat untuk kesehatan & kecantikan, memperlancar sirkulasi darah, melancarkan pencernaan dan dipercaya menghilangkan racun & sakit otot pada tubuh.

Arak Bali 

Bali… The Island of God Pulau Dewata Pulau Seribu Pura yang menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di Dunia juga memiliki minuman beralkohol tradisional yaitu Arak Bali. Minuman beralkohol ini dikenal mengandung alkohol yang tinggi berkisar antara 25% sampai 70% ABV dan bahan bakunya ada 2 jenis yaitu nira dan beras melalui fermentasi. Proses pembuatan Arak Bali masih dilakukan secara tradisional dan wilayah  Karangasem dikenal sebagai daerah penghasil Arak Bali terbaik. Selain untuk dikonsumsi Arak Bali juga digunakan untuk sarana upacara adat di Bali yang dipercaya sebagai penetral roh-roh jahat ( Bhuta Yadnya ) ritual ini disebut metetabuh. Manfaat Arak Bali dengan kandungan alkoholnya juga sama seperti yang lainnya bisa menghangatkan tubuh, untuk kesehatan seperti obat reumatik, diabetes, luka memar, dan kecantikan menunda penuaan kulit. Manfaat Arak Bali secara pengobatan tradisional juga masih dipercaya yaitu menurunkan panas demam akan tetapi tidak dikonsumsi melainkan dikompres di bawah pusar.

NB :
Ingat yang selalu tertera pada kemasan botol minuman alkohol “ Dibawah usia 21 tahun atau wanita hamil dilarang minum”. Dalam hal ini penulis tidak menyarankan untuk minum minuman beralkohol secara berlebihan akan tetapi mencoba memberikan sedikit informasi tentang perbedaan dan manfaat minuman yang mengandung alkohol dari berbagai belahan Dunia. Segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan pasti tidak baik, akan tetapi konsumsilah secara batas wajar… selamat menikmati cheers 🥂